Definisi Organisasi dan Metode
Organisasi dana metode secara penulisan
ada dua kata yang berbeda, dan memiliki arti yang luas
Istilah organisasi dapat diartikan :
Wadah : sekelompok manusia untuk saling
bekerjasama
Proses
: pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Pengertian
organisasi :
·
Organisasi menurut
Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di
bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·
Organisasi menurut
James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
·
Organisasi Menurut
Chester I. Bernard merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih.
Istilah metode :
Berarti
suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Teori
Organisasi
1.
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori
klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun
1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai
sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan
petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a.
Teori Birokrasi
Teori
ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit
of Capitalism. Kata
birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal,
karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang
dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan
tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b.
Teori Administrasi
Teori
ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall
Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
Henry
Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan
membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi
adalah :
·
Pembagian kerja (division of work)
·
Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
·
Disiplin (discipline)
·
Kesatuan perintah (unity of command)
·
Kesatuan pengarahan (unity of direction)
·
Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
·
Balas jasa (remuneration of personnel)
·
Sentralisasi (centralization)
·
Rantai scalar (scalar chain)
·
Aturan (oreder)
·
Keadilan (equity)
·
Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
·
Inisiatif
(initiative)
·
Semangat korps
(spirit de corps)
MACAM
ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
ORGANISASI
NIAGA
Organisasi
yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya
yaitu :
Perseroan
Terbatas (PT)
Perseroan
Komanditer (CV)
Firma
(FA)
Koperasi
Join
ventura
Holding
Company
2.
Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan.
Organisasi
yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur
pembentukannya :
Jalur
Keagamaan
Jalur
Profesi
Jalur
Kepemudaan
Jalur
Kemahasiswaan
Jalur
Kepartaian & Kekaryaan
Organisasi
Regional dan internasional.
Organisasi
regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara
tertentu saja.
Organisasi
internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di
dunia.
BENTUK ORGANISASI
1.
Organisasi Garis
Bentuk organisasi tertua dan paling sederhana. Ciri-ciri bentuk
organisasi ini adalah organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan
saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
2.
Organisasi Garis dan staf
Dianut
oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang
beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang
ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang
kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.
Organisasi
fungsional
Organisasi
yang disusun atasdasar yang harus dilaksanakan organisasi ini dipakai pada
perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.
Organisasi
Panitia
Organisasi
dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka
selesailah organisasi tersebut.
Organisasi
Lini dan Staf
Staf
tugasnya memberi layanan dan nasihat kepada manager dalam pelaksanaan suatu
kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh ini merupakan tugas-tugas pokok dari suatu
organisasi atau perusahaan
Dalam
bagan Departemen Kehutanan disini menggunakan sistem organisasi garis dan staf
karena Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang
tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu
orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam
bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar