Selasa, 30 April 2013


FENOMENA SMARTPHONE
Tak bisa dipungkiri sekarang ini adalah jaman nya teknologi informasi , kehidupan manusia sekarang ini hampir tidak bisa dilepaskan dari semua yang berbau teknologi .Saya kali ini akan fokus pada salah satu hasil revolusi teknologi yang diciptakan manusia-manusia cerdas abad ini yaitu smartphone.SmartPhone sedianya merupakan salah satu alat komunikasi yang mungkin paling cepat perkembangannya .Inovasi di bidang smartphone seakan tiada hentinya .Inovasi dari pabrikan smartphone selalu saja mampu menarik perhatian calon pengguna untuk segera bisa memiliki gadget canggih ini .Smartphone merupakan suatu hasil inovasi dari handphone konvensional yang mengalami perkembangan dari sisi teknologi .Kalau dulu kita menggunakan handphone hanya untuk sekedar bertelepon ataupun berkirim pesan singkat sekarang di era smartphone kita tidak hanya bisa melakukan kedua aktivitas di atas ,dengan smartphone di genggaman kita bisa melakukan komunikasi dua arah dengan lawan bicara kita secara tatap muka menggunakan smartphone .Dan masih banyak fitur-fitur lain yang ditawarkan smartphone antara lain berkirim email,chatting,juga sebagai media untuk aktif bersosialisasi di jejaring sosial seperi twitter , facebook dll .Fitur-fitur yang ditawarkan oleh pabrikan tersebut semakin menarik perhatian para calon pengguna smartphone,yang menginginkan akses informasi yang tidak terbatas.Ya dengan smartphone di genggaman akan menjadikan dunia seakan berada di genggaman pengguna .Informasi akan semakin mudah didapatkan melalui adanya teknologi ini , informasi dari belahan dunia manapun bisa diakses melalui alat mungil ini .

Di indonesia sendiri kita mengenal beberapa brand ternama yang menguasai pasar smartphone , diantaranya Iphone , Blackberry , Samsung ,Sony Ericsson ,HTC dll.Yang menjadi andalan pihak pabrikan sebenarnya bukanlah merk melainkan Sistem Operasi yang berada di balik smartphone itu sendiri . Untuk iphone senriri Sistem operasi yang diberi nama iOS yang merupakan versi mini dari Mac OS kepunyaan macbook , Blacberry dengan Blackberry OS , dan Beberapa brand yang menggunakan Google Android OS .

1. Iphone
Untuk iphone sendiri lebih mengedepankan sisi kemewahan dari smartphone terutama dari tampilan luar dan juga komponen yang ada di dalamnya .Seperti produk-produk apple sebelumnya iphone memiliki keunggulan di sisi design produk yang elegan dan menawarkan kemampuan multimedia yang baik.
Iphone memuat ribuan aplikasi untuk games , music , video , social networking , internet ,dan beragam aplikasi lainnnya yang mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya. Keistimewaan iphone sendiri terletak pada kemampuan multimedia nya yang handal .Sehingga dapat dikatakan iphone unggul di sisi  multimedia player .

2.Blackberry
"Smartphone sejuta umat" mungkin kita sering mendengar istilah ini karena banyaknya orang indonesia yang menggunakan smartphone jenis ini .Di awal kemunculan nya Blackberry memang seakan mengejutkan pengguna handphone . Desain yang berbeda dari yang lain disertai fitur BBM (Blackberry Messenger) yang hanya terdapat di perangkat ini .Di awal kemunculannya Blackberry merupakan barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas , namun seiring berjalannya waktu harga smartphone ini pun semakin bisa dijangkau semua kalangan .Fitur BBM merupakan faktor pendongkrak mewabahnya pengguna Blackberry di indonesia .

3.Google Android
Android mencoba menarik pasar dengan fitur yang mirip iphone dan juga keunggulan lainnya yaitu android hadir dengan platform open source yang memberikan akses kepada para developer untuk dapat bebas menciptakan aplikasi untuk smartphone ini . Mungkin inilah yang menjadi keunggulan android dimana pengguna bebas "mengutak-atik" smartphone miliknya .

Dari ketiga platform diatas mungkin yang paling familiar di indonesia adalah Blackberry OS .Dimana hampir setiap orang khususnya di wilayah perkotaan kebanyakan memiliki smartphone bermerk blackberry. Meskipun sebenarnya fenomena blackberry ini diberbagai negara sudah mulai hilang namun berbanding terbalik dengan di indonesia,fenomena blackberry ini malah semakin bertumbuh pesat. Dari data yang diperoleh dari Reuters pengguna Blackberry di indonesia saat ini mencapai 7 juta orang .
Fenomena yang terjadi sekarang ini orang-orang sudah jarang menanyakan nomor handphone tapi lebih banyak yang menanyakan PIN BB .Termasuk teman-teman saya tentunya yang sudah banyak menggunakan smartphone jenis ini .Fenomena ini menunjukkan bagaimana perkembangan Blackberry sangat cepat di indonesia. Mungkin kebiasaan orang indonesia yang sangat suka berinteraksi dengan orang lain baik melalui social networking maupun fitur BBM menjadi faktor pendukung berkembang pesatnya smartphone ini .
Masyarakat indonesia bahkan rela mengalokasikan sejumlah dana untuk membayar tagihan paket Blacberry nya.Fenomena yang unik mengingat negara kita ini merupakan negara yang bisa dikatakan ekonominya masih sulit .

Fenomena lain yang saya lihat dari maraknya smartphone ini yaitu pengguna seakan memiliki dunianya sendiri di dalam smartphone tersebut .Sering kita melihat bagaimana seseorang selalu sibuk dengan smartphonenya , sampai-sampai mengabaiakan orang disekitarnya .Kehadiran perangkat ini menjadikan pengguna jarang bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya .Ketika di bus misalnya pengguna smartphone cenderung memilih sibuk dengan gadgetnya dibanding ngobrol dengan orang yang duduk disebelahnya .Ini merupakan salah satu sisi negatif kehadiran teknologi . Memang kehadiran teknologi ini dapat menjadi media hiburan dikala kita sedang membutuhkan hiburan, namun bukan berarti perhatian kita sepenuhnya hanya untuk benda kecil ciptaan manusia ini .Sosialisasi dengan lingkungan sekitar merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan .
Semoga saja kehadiran teknologi ini tidak merusak kehidupan kita di dunia nyata dan semoga kita tidak diperbudak teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar